Les Privat atau Bimbingan Belajar ?

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi bapak ibu yang semoaga senantiasa sehat selalu,,, ^^  Selamat menikmati waktu hari ini yah

Kesempatan yang baik ini saya ingin memberikan satu ulasan yang menarik soal pilihan yang sering membuat sebagian orang tua berasa bingung sekali saat harus memilih layanan tambahan belajar buat buah hati tercinta yaitu pilih bimbingan belajar apa les privat ya ?

Kali ini saya akan mengulas dari sisi keuangan,,,,

Sebagai orang tua yang cermat tentu ini menjadi pertimbangan yang sangat menarik untuk di bahas agar pengeluaran kita tetap hemat dan tepat sasaran (baca: ada perkembangan bagi kecerdasan anak baik secara rasional maupun emosional).

Sebelum kita ulas dari sisi keuangan mari kita tengok lagi bahwa alasan kebingungan ini sebenarnya karena kita ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati kita, ada harapan buah hati akan mengalami perkembangan positif bidang akademiknya. So pilih les privat atau bimbingan belajar ?

 VS

Dewasa ini perkembangan pendidikan di Grobogan sangat luar biasa, khsususnya pendidikan non formal. Terdapat berbagai bimbingan belajar dari berbagai bidang yang ada disekitar kota Purwodadi – Grobogan  ini.

Pendidika non formal ini ada yang berbentuk bimbingan belajar (model kelas) ada juga yang berbentuk les privat. Banyak sekali bertebaran bimbingan belajar di Purwodadi ini dengan berbagai brand dan layanan yang hampir sama. Ada juga layanan les privat yang biasanya dilakukan oleh guru kelas tempat buah hati kita bersekolah formal, ada juga les privat di purwodadi ini yang dikelola secara perorangan dan tim.

 

Lalu bagaimanakah cara kita memilih ? Pilih Bimbingan belajar apa les privat ? Mana yang lebih bagus ?

 

Secara pribadi saya hanya ingin mengatakan bahwa kita tidak bisa menilai bimbingan belajar itu lebih baik dan lebih murah dari les privat, begitupun sebaliknya. Why ?

 

Sebenarnya hal ini hanyalah soal keuangan orang tua dan kebutuhan anak. Yuk simak penjelasan saya lebih lanjut soal ini jika Anda masih bingung.

Begini, bagi orangtua yang punya kemampuan finansial tinggi, dalam arti semua kebutuhan dasar sehari-hari sudah dapat terpenuhi bahkan untuk tabungan dan dana darurat, hal ini bukanlah masalah untuk memilih les privat atau bimbingan belajar.

Bimbingan belajar saat ini beragam dan sangat banyak pilihannya dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan masing – masing orangtua juga. Tinggal bagaimana kita sebagai orangtua pandai-pandai mencari informasinya , setuju kan ya ? ^^

 

Sebagai gambaran aja nih, untuk persiapan UN bagi anak kelas 9 SMP, biaya yang dibutuhkan jika memilih bimbel sekitar Rp 7 juta (setelah mendapat beberapa diskon sumber ) dengan 3 kali pertemuan setiap minggunya. Biasanya di setiap tempat bimbel memberi keringanan sistem pembayaran dengan cara dicicil ataupun diskon di awal jika melakukan pelunasan tertentu.

Perhatikan lokasi bimbel di Purwodadi juga ya, karena ini akan mempengaruhi besarnya pengeluaran. Kalau anak diikutsertakan dalam kelas bimbel berarti ada pengeluaran lain selain tarif kelas bimbel itu sendiri. Seperti transportasi dan uang jajan anak.

Semakin jauh jaraknya, maka akan semakin besar beban pengeluaran transportasi dan jajan. Walau mengendarai kendaraan sendiri seperti motor atau mobil pun pasti akan mengonsumsi bahan bakar.

Semisal saja ongkos transportasi sekali pertemuan Rp 15 ribu x 3 = Rp 45 ribu. Nah, tinggal kalikan saja Rp 45 ribu tersebut sampai program persiapan UN bimbel selesai. Lumayan bukan nominalnya. Ditambah lagi jika orangtua harus mengantar anak setiap aktivitas bimbel. Kalau memang Anda punya waktu dan berkomitmen gak masalah kok.

Tambahan pengeluaran lain adalah uang jajan minum atau snack. Anak pasti ingin jajan dan butuh asupan tambahan selama ikut bimbel. Perhitungkan juga pengeluaran yang kelihatannya sepele ini ya. Anggarkan saja Rp 10 ribu sebagai uang jajan mereka saat bimbel. Jika punya waktu sesekali bisa juga dengan membawakan bekal dari rumah agar lebih higienis dan hemat ya.

Lalu bagaimana dengan les privat ?

Saat ini juga banyak jasa les privat disediakan oleh baik perorangan maupun tempat bimbel loh, termasuk Bimbel Madani ini yang menyediakan jasa les privat tentor professional dating ke rumah ^^.

Nah, di sinilah peran Anda sebagai orangtua untuk bisa melihat apakah kebutuhan anak memang lebih baik menggunakan jasa guru privat atau tidak.

Perhatikan deh kebutuhan anak. Jika anak termasuk anak yang sulit berkonsentrasi dengan adanya teman-teman di sekitarnya, maka mungkin Anda sebagai orangtua harus memilih les privat di Purwodadi ini. Apalagi jika ternyata lokasi bimbel yang dituju masih terlalu jauh dari rumah.

Kelebihan les privat adalah tentu saja gak ada biaya transportasi dan jajan yang harus dikeluarkan ya, kecuali jika Anda memberikan tambahan minun dan makana ringan untuk tentor dan anak Anda. Karena guru lah yang datang ke rumah untuk memberi pelajaran khusus bagi anak. Ini artinya juga orang tua dapat memantau secara langsung kegiatan belajar-mengajar tambahan ini.

Dari segi waktu jelas lebih efektif dan efisien, karena gak perlu mengantar anak ke tempat bimbel, cukup menunggu guru datang ke rumah. Anak pun biasanya akan lebih fokus menyerap pelajaran yang diberikan. Begitu juga fokus dari guru, karena hanya satu anak murid saja.

Les privat juga memungkinkan Anda sebagai orangtua untuk berkomunikasi langsung dan aktif dengan guru. Jadi Anda bisa mengetahui perkembangan si anak dan berdiskusi dengan guru tentang kemampuan si anak.

Oh iya, sebagai gambaran saja nih, biaya tarif les privat untuk murid kelas 9 SMP di Purwodadi adalah sekitar 40 ribu untuk tiap pertemuan jika seminggu 3 kali maka dalam sebulan ada 12 kali tatap muka, totalnya adalah sekitar 6 juta yiatu  dengan durasi waktu setiap kunjungan selama 90 menit.

 

Biaya tambahan dengan memilih jasa guru privat mungkin dibutuhkan saat waktu belajar si anak diperpanjang atau ada bonus untuk ucapan terima kasih kepada sang guru ya.

 

Ketahuilah kemampuan finansial dan kebutuhan anak ya. Karena kalau keputusan yang diambil gak disertai pertimbangan yang tepat, kasihan si anak, dan hanya akan sia-sia saja materi, waktu serta tenaga yang dikorbankan.

Intinya, apapun pilihan anda pasti yang terbaik untuk anak

 

Salam Hangat,

 

Anis Faozi, S. Si.

Founder Bimbel Madani Indonesia

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *